Selasa, 25 Januari 2011

TIPS BELANJA CERDAS, smart girl = smart shopper !

Gak mau kan keuanganmu berantakan karena belanja berlebihan? Untuk menghindari hal itu, baca dulu deh tips jitu di bawah ini agar kamu menjadi smart shopper!

a. Cek sederetan pakaian di dalam lemarimu, lihatlah apa saja yang kurang dan apa yang kamu butuhkan. Buatlah catatan skala prioritas belanja. Catalah yang paling dibutuhkan pada nomor pertama dan seterusnya.

b. Tentukan toko mana saja yang akan dikunjungi. Upayakan kamu tahu kualitas setiap toko yang akan dikunjungi. Kunjungilah toko yang menjual pakaian sesuai dengan gayamu dan abaikan saja toko di mana kamu tidak pernah menemukan baju bagus di dalamnya! Jika ingin menghemat waktu, belanja di mal adalah solusi terbaik karena jarak antar toko berdekatan.

c. Jika kamu ingin belanja sesuai dengan yang sudah diprioritaskan, jangan bawa kartu debit, kartu kredit, ataupun kartu belanja! Sebaiknya bawalah uang tunai yang sudah menjadi budget belanja kali ini.

d. Untuk mencegah memberikan penjelasan panjang lebar tentang pakaian apa yang kamu butuhkan pada pegawai toko, bawalah detail baju yang kamu inginkan. Jika kamu memiliki baju yang belum pernah dipakai karena tidak ada kerudung yang cocok dengannya, bawalah baju tersebut dan pasangkan dengan kerudung yang kamu beli ketika berbelanja. Hal ini akan lebih memudahkan sekaligus menghemat banyak waktu.

e. Pakailah pakaian senyaman mungkin karena kamu akan berbelanja selama berjam-jam.

f. Berbelanja seorang diri akan lebih membuat kamu merasa nyaman karena tidak perlu mengikuti kehendak orang kedua atau memikirkan apakah dia sudah lelah atau belum. Tetapi jika kamu sadar tidak memiliki sense of fashion yang balk, mintalah seseorang untuk menjadi fashion consultant pribadi dan ajaklah dia berbelanja untuk memberikan pendapat-pendapat terbaik.

g. Jangan pernah berbelanja jika kamu sedang diburu oleh waktu. Hal ini akan membuat suasana belanja jadi tidak nyaman dan akhirnya kamu membeli barang yang sebenarnya tidak sesuai dengan seleramu.
h. Jangan “lapar mata” dan jangan pernah terbuai harga diskon. Tetaplah fokus pada apa yang sudah kamu catat dan prioritaskan.
i. Jika kamu berbelanja di toko yang harga barangnya dapat ditawar, lakukan trik tawar menawar.

j. Lihatlah satu persatu baju yang ada di dalam toko, ambil beberapa dan cobalah baju tersebut di kamar ganti. Hati-hati kaca pelangsing yang menjebak! bercerminlah dari berbagai sudut, apakah baju tersebut juga terlihat bagus dari belakang dan samping.

k. Jika kamu mencoba celana, cobalah untuk berjalan bolak-balik beberapa langkah, duduk, dan jongkok. Pastikan celana tersebut nyaman dipakai dan kamu tetap bebas bergerak.

l. Telitilah benar-benar barang yang akan dibeli, apakah ada yang cacat atau tidak.

m. Jika kamu membeli barang yang cukup mahal harganya, pastikan benar bahwa barang tersebut memang benar-benar asli bukan imitasi.

Happy shopping girls!
Referensi:Practical Guides For Muslimah Fashion Lovers Oleh Atika Sari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar